10.27.08
LPSI – akankah menjadi sanctuary yang terabaikan?
Hmm, kembali aku mengingat LPSI yang dulu. Disana ada mas bokong 01, kang ntus 01, kang soni 01, mas zudd 01 trus ada kamui 02 dan tak lupa ada aku dan si item zax 03. Kemudian menyusul stuprit 03, jayz 03 dan evi 03. Dahulu, semasa LPSI masih sekotak ruangan yang bagian depan doank. Jik eling aku, sewaktu maba, rebutan komputer ama angkatan tuwek setelah jam nya pikti berakhir. Menunggu mereka keluar sambil berbaris kek mau nyambut make red carpet aja. Kasian arek pikti na, merasa tertekan gara-gara dipentelengi ama wong tuwek2 yang bermuka serem dan berambut gondrong. Wakaka.. Ngakak tenan.
Kemudian, LPSI menjadi agak luas dikit. Ditambahin dengan partisi belakang. Nambah luas brarti nambah komputer yang kudu dimaintenance. Dulu, jika ada kompie rusak pasti ada yang mbenerin. Lek ga gt, si bokong mesti bilang, “Te, rusak iku lo. Dandanono ta. Awakmu lak admin.”. Pokok e gt de. Kepedulian akan LPSI menjadi syarat wajib seorang admin. Semua ikut bertanggung jawab. Ga ada yang namanya itu bagianku, itu bagian mu. Ga ada namanya kompie rusak yang ga dibenerin. Ga ada namanya lab yang menjadi tempat sampah kotor dan berdebu. Ga ada namanya admin yang berpangku tangan. Meneng ae ngliat temen na ngerjain. Bahkan kang ntus yang kemudian resign dr admin pun masi mbantu2 ngebor, ngrimping, dll. Buat yang disebut, maap kalo ada yang salah. Namanya juga mengingat masa lalu. La dr dulu sampe saiki wis pirang taun yo.. Rada lali.
Saat ini wajah LPSI telah berubah, admin seakan hanya merupakan sebuah simbol. Nda ada kegiatan nyata dari mereka. Mereka duduk di kompie masing-masing, nda ngereken apa yang terjadi di kompie sebelah nya depan nya samping nya dan sekitarnya. Kompie rusak dibiarin, nda ada usaha buat mbenerin. Pembagian tugas itu emang penting, tapi bukan berarti harus mengabaikan tugas seorang admin. Dengan beralasan, iku dudu bagianku. Huff. Baru-baru ini share galileo kena virus, dan dengan terpaksa semua data share termasuk source (yang uda dikumpulin dari berbagai sumber dengan susah payah sampe mbelani ndownlod) amblas smua gara2 terinfeksi virus. Ingin ku berkata… j****k. Setelah diapus eh nda ada usaha buat nyari penyebab daripada kenapa galileo bisa terinfeksi.
SHare umum bisa kena virus pasti ada penyebabnya. Asal virus pasti dari kompie yang ngakses. Notabene, yang ngakses galileo pasti dari 2 macam, kompie client ama lepi. Kalo lepi emang ga bisa diatur dan dijaga aksesna. Namun, yang namanya kompie client yang notabene berada di dalam lab. Itu kan bisa diliad. Dan nda ada tuh yang mo ngliat. Kmrn malem pas ke lab, berniat mo ngopi. Eh, di 2 kompie yang ta liad pada kena virus smua. Virus na asmiranda dkk. Adohh,, Kenapa nda ada yang niattt.. Dan kek na banyak kompie laen yang bernasib sama. Astaghfirullah, dimanakah anda para admin yang terhormat. Terlalu egoiskah anda, terlalu ga ngereken kah anda sehingga ga bs menyisakan sedikit waktu untuk sekedar melihat gimana kondisi LPSI tercinta, sanctuary kita yang tercinta…
Bahkan, partisi kanan di bagian belakang pun. Yang listrik na njeglek, ga ada yang mau nyalain lg. Dengan alasan colok ane di CS Net. Apakah itu alasan yang begitu berat sehingga membuat anda males untuk skedar kesana dan minta mas hermono nyalain? Ataukah karena anda, para admin yang terhormat, sudah melupakan tugas dan kewajiban anda sebagai seorang admin. Kompie banyak yang ga bs nyala, berantakan kabel-kabel na dan arghhh.. Kompie iku larang jeh, jgn dibuat mainan. Rawat yang baek. Astaga…
Akankah LPSI tetep menjadi seperti ini?
Akankah LPSI terpuruk dalam kekotoran, ketidak pedulian, keegoisan para admin na?
Kasian para user biasa yang setiap hari ke lab, buat ngerjain tugas. Namun mendapatkan kompie yang rusak yang kena virus, dan yang laenna. So, LPSI membutuhkan perbaikan, membutuhkan patriot2 baru untuk mengurusinya. Apakah para admin yang terhormat masi memiliki sedikit kepedulian terhadap tugas anda? Apakah anda masi memiliki komitmen untuk terus menjalani nya? Pertanyaan retoris. Dari seorang alumni yang masi memiliki sedikit kepedulian terhadap LPSI yang telah banyak membantu dan membentukku untuk menjadi aku yang sekarang.
Parvian said,
October 27, 2008 at 3:31 pm
Bagaimana kalau ada proses magang untuk admin, jangka waktu 6 bulan pertama… gak becus resign? kayak di perusahaan
mungkin ada baiknya mantan2 admin memberikan kritik dan saran, emang kalau lihat sih agak beda LPSI saat ini. Atau mungkin gara2 mau pindah ke ( mantan ) ajk? jadi sekalian aja di biarin?
hariste said,
October 27, 2008 at 3:59 pm
Nah, kl pake masa percobaan gt bisa juga sih. Kalo emang ga sanggup silahkan resign. Sebenernya kl memberikan kritik dan saran, mantan admin memang bagus. Akan tetapi, bukan nya saran ma kritik dari user yang make itu lebih bagus lage?
Pindah ke AJK masi luama. Jangan ngandelin dl da. Yang ada dl diurusin kl bs.
Agak beda nya gmn ndre? Jelasin gih.
che said,
October 27, 2008 at 7:57 pm
……
miris juga dengernya mz..
aq juga ga bisa berkomentar banyak..
pengennya hanya memberi kontribusi nyata bwt LPSI kalau memang ada kesempatan…
noval said,
October 30, 2008 at 1:04 am
waduh … jadi merasa bersalah … aku melu urun ga yo …
semoga ini didengar … dan jadi pelajaran …
untuk menjalankan tugas memang butuh pengorbanan…
Gyl said,
October 30, 2008 at 12:42 pm
Hmm.. bukan didengar sich, dibaca.
Ouch.. sakit juga bacanya mas. Tapi aq sich yakin gak pernah ngomong “itu bukan bagianku”
Hmm.. kalo boleh cerita dari sisi lain yo mas : sang admin yang sekarang. Ya, sekedar membela diri lah…
Aku gak setuju banget sampeyan ngomong iki :
Ya maaf aja mas… aq sudah tau dari sebelum sampeyan nulis iki.
Dan gak usah misuh mas. Opo o sampeyan gak tako’ aq ?
Ya, kenapa sampeyan gak mencoba untuk bertanya? Setidaknya sampeyan tahu sesuatu dari orang yg “mengurus”
Aku bulan ini posting 2 tentang lab mas… susah dengan kondisi yang ada. Ya gimana, yang rusak gak satu – dua. Banyak ! Yang satu diperbaiki, lagi memperbaiki yang satu… eh, udah rusak lagi yang satu sebelumnya.
Kalo aq ngomong kekurangan admin. Kemarin gara-gara ada isu asisten lab maksimal 5, akhirnya rekrutan baru cuma dikit : 2. Wah.. padahal yang lama-lama udah gak pernah nyentuh lab lagi. Kayak yang komen diatasku itu
Yang seangkatan udah mulai pindah ke lab TA 2 orang. Praktis, tinggal 3 orang dan 1 orang pun sibuk di RK. Sisa ? 2 orang ngurusi 36 komputer, dengan user aktif berjumlah sekitar 200-an. Ditambah lagi user baru 2008 150-an. Praktis kami 2 orang melayani sekitar 350 orang.
Aq minta tambahan banyak sama mas b, mas b-nya gak mau. Alasannya pelan-pelan aja direkrut lagi. Aq pikir kenapa gak sekalian ?? Mumpung ada 16 orang yang mau jadi admin. Diambil 6 – 8 gitu kan lumayan. Dan mumpung banyak 2007.. masih fresh.
hariste said,
October 30, 2008 at 6:42 pm
@ achie : tunggu kabar slanjut na aja.
@ noval : melu urun opo val? Haha..
hariste said,
October 30, 2008 at 7:09 pm
@ agyl : tak jawab sitok sitok..
G : Aku gak setuju banget sampeyan ngomong iki :
Setelah diapus eh nda ada usaha buat nyari penyebab daripada kenapa galileo bisa terinfeksi.
Ya maaf aja mas… aq sudah tau dari sebelum sampeyan nulis iki.
T : hmm, kenapa aku sampe ngomong seperti itu ada alasan na. hari minggu kmaren aku ke lab bawah. Emang di kompie 34 ama 35 ada bitdefender na. But, kok ngrasa agak lemot. Dan kenapa di C: ada file vbs. Setelah diperiksa ternyata dua kompie tersebut kena virus si asmiranda. Dan jelas-jelas, beberapa komponen dari bitdefender nda jalan karena kompie na emg kena virus. Kok ya nda ada yg merhatikan?
—————————-
G : Dan gak usah misuh mas. Opo o sampeyan gak tako’ aq ?
Ya, kenapa sampeyan gak mencoba untuk bertanya? Setidaknya sampeyan tahu sesuatu dari orang yg “mengurus”
T : Takok masalah apaan? Yang tak sesalkan, kenapa sampe galileo source bs kena? Kalo tentang umum ato yang laen na, yang bs diwrite ama umum, da resiko na gt emg. Knapa kok yg sharusnya nda bs diwrite ama umum kok bs ikutan kena? Dan uda ada kok yg bilang ama aku dari salah satu “yang mengurus”.
——————————–
G : Aku bulan ini posting 2 tentang lab mas… susah dengan kondisi yang ada. Ya gimana, yang rusak gak satu – dua. Banyak ! Yang satu diperbaiki, lagi memperbaiki yang satu… eh, udah rusak lagi yang satu sebelumnya.
T : Yah kl yang itu mah uda sewajarnya. Yang make emang banyak dan ga semua user bisa make dengan benar. Jadi kerusakan itu wajar. Kalo emang yang rusak banyak, ya perbaikin satu persatu. Dan kalo emang rusak kasi tanda kalo kompie ini rusak. Ben rusak e ga tambah lebih parah.
———————————
G : Kalo aq ngomong kekurangan admin. Kemarin gara-gara ada isu asisten lab maksimal 5, akhirnya rekrutan baru cuma dikit : 2. Wah.. padahal yang lama-lama udah gak pernah nyentuh lab lagi. Kayak yang komen diatasku itu
T : Kalo aku ngomong sih kekurangan personil nda spenuh nya bener. Knapa kudu nurut ama isu asisten lab? Lab butuh na brapa, ya itu yang diambil. Perkara ama isu, kan bisa diatur. Kalo dibilang yang lama ga perna nyentuh, ya emang bener. Notabene yang lama uda berstatus alumni. Masak masi nginstal ulang, mbenerin komputer, ngerapiin kabel2 yang berserakan, ngelurusin meja, mbersihin dalem na kompie, dll. Kalo tentang pengaturan server si masi bisa dibantu.
———————————
G : Yang seangkatan udah mulai pindah ke lab TA 2 orang. Praktis, tinggal 3 orang dan 1 orang pun sibuk di RK. Sisa ? 2 orang ngurusi 36 komputer, dengan user aktif berjumlah sekitar 200-an. Ditambah lagi user baru 2008 150-an. Praktis kami 2 orang melayani sekitar 350 orang.
T : Pindah ke lab TA bukan brarti ga ngurusi ama yang di bawah. Jgn mau terkotak-kotak ama pembagian tugas. Salink bantu la. Ngapaen yang satu sibuk di RK, emang RK bagian dari lab? Jumlah user emang bertambah, tp jumlah kompie na kan nda nambah? Sebanyak-banyak na user, jumlah kompie na ya tetep itu2 aja. Kalo user na bandel, tegesin donk. User ga selalu bisa make dengan bener. Kadang abis make LAN ato power ga dikembaliin ke tempat na. Bikin meja miring2. Abis nyalain kompie yang rusak ga dimatiin lage. Buang sampah di lab. Kalo ktemu user yang kek gt, ya kasi tau la, tegesin dikit kl perlu.
———————————-
G : Aq minta tambahan banyak sama mas b, mas b-nya gak mau. Alasannya pelan-pelan aja direkrut lagi. Aq pikir kenapa gak sekalian ?? Mumpung ada 16 orang yang mau jadi admin. Diambil 6 – 8 gitu kan lumayan. Dan mumpung banyak 2007.. masih fresh.
T : Sebelum minta tambahan, yang lama gmn produktivitas na? Masi berhak kah untuk menyandang jabatan sebagai seorang admin? Masi mampu kah mereka untuk melaksanakan tugas sebagai seorang admin? Kalo lab nya masi segitu dengan kompie yang berisi maksimal 40 biji. Ga perlu ampe 8 orang. 4-5 orang aja cukup, asal bisa menjalankan komitmen sbg admin dgn baek. Tau apa tugas dan kewajiban mereka. Tau apa yang harus mereka lakukan, memiliki inisiatif, dan berani negur user yang bandel. Ga perlu slalu ngenteni instruksi dr mas b.
——————————–
Sekian reply dr saya. No offence. Berbuat yang terbaik aja.
empireofmind said,
November 5, 2008 at 11:32 pm
Sabar…sabar…calm down ^^
Gyl said,
November 11, 2008 at 9:03 pm
Hmm..
Ya, benernya makasih mas udah ngingetin. Ke depannya memang harus ada sistem evaluasi, biar gak terulang lagi.
Memang serba salah mas. Benernya banyak faktor sich. Ya, kemarin baru aja pindahan juga akhirnya. Tapi 3 minggu ini belum bisa dipakai lab. Kita kehilangan lab selama 2 minggu lebih…
Ya, benernya rumit sich. Salah satunya itu gara-gara konflik internal
Ya, itu sekedar kondisi sekarang. Sekali lagi, makasih lo mas udah di ingetin. Kemarin emosi pas nanggapi soalnya
. Memang merasa bersalah, tapi juga gak mau disalahkan sepenuhnya.. ya, karena beberapa faktor.